Mahasiswa Apoteker UHO Kendari Kenalkan Apoteker Cilik Kepada Para Siswa SD di Daerah Pesisir

Mahasiswa PSPPA Angkatan 9 melakukan kegiatan pengabdian dengan sosialisasikan apoteker cilik kepada para siswa SD

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan 9 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sosialisasikan kegiatan apoteker cilik dibawah dosen pembimbing Prof. Dr. Ruslin, M.Si, Wa Ode Sitti Zubaydah, S.Si., M.Sc dan La Ode Muhammad Fitrawan, S.Farm., M.Sc., Apt. berlangsung di SDN 3 Soropia, Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Jumat 19 Mei 2023.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman sedari dini kepada para siswa SD tentang profesi kesehatan seperti apoteker sehingga dapat menjadi dorongan bagi generasi muda mendatang untuk berprofesi sebagai seorang apoteker.

Kegiatan apoteker cilik ini juga dimaksudkan untuk membantu dan meningkatkan pengetahuan anak tentang obat sehingga anak dapat ikut andil dalam menyampaiakan informasi terkait penggunaan obat yang diketahuinya.
Mesti diketahui juga, bahwa pengenalan tentang obat-obatan harus dilakukan sedini mungkin sejak usia sekolah dasar, karena anak-anak pada usia itu mampu merekam informasi lebih baik sehingga meningkatkan pengetahuan perlakuan terhadap obat-obatan. Kami juga mengingatkan penggunaan obat pada anak yang mesti didampingi oleh orang tua/ dewasa atau tenaga kesehatan seperti apoteker sehingga anak tidak boleh menggunakannya sendirian kata Aisyah Risqie Salama, S.Farm selaku Pemateri pada kegiatan tersebut.

Untuk diketahui para siswa-siswi SDN 3 Soropia yang antusias dengan kegiatan apoteker cilik ini. Sebanyak 23 siswa-siswi SDN 3 Soropia mengikuti rangkaian kegiatan sosialiasi apoteker cilik ini dengan materi yang dibawakan tentang perkenalan profesi apoteker dan cara penggunaan obat yang dilanjutkan dengan games dari pemateri. Kegiatan ini berlangsung sangat antusias oleh para siswa-siswi, walaupun kegiatan ini berlangsung tidak begitu lama. Ketua tim mahasiswa PSPPA Angkatan 9 Abdullah Harits, S.Farm menyatakan, kegiatan pengabdian Apoteker Cilik (Apocil) yang dilakukan di SDN 3 Soropia ini untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai profesi apoteker serta memberikan edukasi mengenai cara penggunaan obat yang benar, bagaimana cara membeli atau mendapatkan obat dengan benar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker