Beri Solusi Pada Pedagang, KKN Tematik FEB UHO Sosialisasikan Pemasaran Online

0
94

Kendari, Pandemi Virus corona yang terjadi di Indonesia saat ini memberikan dampak yang cukup luas terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat, salah satunya adalah dampak dalam kegiatan perekonomian. Kegiatan perekonomian adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. 

Demikian pula halnya masyarakat di berbagai daerah di Indonesia sangat merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 ini, terutama yang menggantungkan hidupnya baik itu dari berjualan atau pelaku usaha kecil dan menengah, masyarakat nelayan, dan berbagai usaha lainnya.

Tak terkecuali masyarakat Kota Kendari khususnya di kelurahan Benu-Benua juga merasakan dampak tersebut dimana para pelaku usaha kecil dan menengah sangat merasakan penurunan terhadap pendapatan mereka, sehingga masyarakat tidak bisa memenuhi kehidupan mereka sehari-hari, khususnya yang memiliki sanak keluarga tentunya akan merasakan kebingungan, dengan cara apa yang bisa mereka tempuh guna bisa memenuhi kehidupan mereka sehari hari.

Dampak yang meluas bagi kalangan masyarakat yang tidak mampu yang mengharapkan solusi terbaik dari Pemerintah Baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, dalam hal ini bisa memberikan langsung kebijakan yang bisa meringankan ekonomi masyarakat menengah kebawah.

Saat di temui awak media Ketua tim dosen pembimbing lapangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Dr. Sri Wiyati Mahrani, SE., M.SI., Selaku . mengatakan dalam menanggapi fenomena yang terjadi akibat dari Covid-19, Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat terintergrasi KKN Tematik diharapkan dapat mengatasi masalah dampak pandemi Covid-19 terhadap pendapatan para pelaku usaha kecil dan menengah yang saat ini sangat menurun dikarenakan masyarakat harus melakukan aktifitas dirumah saja dengan melakukan belanja online, sehingga sangat berdampak terhadap pendapatan para pelaku usaha kecil dan menengah yang tidak mengetahui cara melakukan pemasaran online.

“Hal tersebut yang mendasari pelaksanaan kegiatan KKN Tematik dengan mengadakan pelatihan dengan Tema Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha, Kecil Dan Menengah Yang Terdampak Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Pemasaran Online Dan Kewirausahaan Di Kelurahan Benu-Benua Kota Kendari,” jelasnya.

KKN Tematik tersebut dilaksanakan oleh TIM KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diikuti oleh 22 Mahasiswa UHO dan dibimbing oleh Dr. Sri Wiyati Mahrani, SE., M.SI., Dr. La Hatani, SE., M.Si, Dr. Nursaban Rommy, SE., M.Si dan Farhan Ramdhani, SE., M.Si.

Dr. Sri Wiyati Mahrani, SE., M.SI., yang juga pernah menjabat sebagai ketua jurusan manajemen menambahkan, Pelatihan pemasaran online merupakan salah satu program kegiatan KKN Tematik tahun 2020 di Kelurahan Benu-Benua Kendari yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penggunakan aplikasi pemasaran online dan Kewirausahaan serta membantu UMKM yang berjumlah 30 (tiga puluh) PELAKU USAHA di Kelurahan Benu-benua.

“Dalam memasarkan produknya secara lebih luas dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone,” ujarnya.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Lurah Bapak Mardin, S. Sos dan dihadiri oleh UMKM yang berjumlah 30 (tiga puluh) pelaku usaha di Kelurahan Benu-benua. Narasumber dalam kegiatan pelatihan pemasaran online adalah Dosen Pembimbing Lapangan yang memberikan penjelasan tentang materi Media Sosial sebagai sarana Pemasaran, Ekonomi dan Bisnis Masyarakat di Masa Pandemi Covid 19. Menurut Bapak Dr, Nursaban Rommy menjelaskan bahwa keuntungan dalam pelaksanaan pemasaran melalui media sosial memungkinkan berinteraksi langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan melalui media online, dapat mengenal pelanggan dengan lebih baik, dapat mengjangkau pasar secara lebih luas, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Selanjutnya materi tentang Potensi Bisnis dan Kewirausahaan di jelaskan oleh Bapak Dr. La Hatani, SE., M.Si.

Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Wiyati Mahrani yang menjelaskan tentang Media Online yang dapat digunakan oleh para pelaku Usaha di kelurahan Benu Benua melalui Facebook dan Instagram yang diberi nama Benu-benua Kuliner Market. Para pelaku usaha dapat bergabung ke dalam group bisnis tersebut dan dapat melakukan penjualan secara online dan juga secara live. Manfaat lain yang dapat diperoleh dalam bisnis online tersebut adalah para pelaku usaha bisa mempromosikan produk mereka melalui Group Bisnis Online dan langsung menerima pesanan dari para konsumen.

Peran mahasiswa peserta KKN Tematik dalam kegiatan pelatihan ini adalah mereka membagi Tim untuk memberikan pelatihan dalam hal pembuatan Logo atau merek serta Packaging produk yang dikemas secara lebih baik. Merek ini akan digunakan oleh para pelaku usaha yang ada di Kelurahan Benu-benua agar mereka dapat lebih dikenal di masyarakat. Selain itu, mahasiswa dan dosen pendamping lapangan memberikan pendampingan secara terus menerus dalam hal promosi dan pemasaran online sehingga masyarakat dapat tetap bertahan dalam kondisi pasca pandemi Covid-19 dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di Kelurahan Benu benua Kendari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here