Pemerintahan

Dua Tahun Beasiswa untuk Mahasiswa Konawe Utara tanpa kabar, Puluhan Mahasiswa Demonstrasi Saat Pembahasan APBD 2022 Berjalan

Viral Video Ribut-ribut di Plaza Inn Hotel Kendari, Ada Apa?

KENDARI – Puluhan Mahasiswa asal kabupaten Konawe Utara melakukan aksi demonstrasi di Depan Hotel Plaza inn Kendari Saat kegiatan pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Konawe Utara tahun Anggaran 2022 sedang berjalan.

Aksi demonstrasi mahasiswa Konawe Utara tersebut di picu lantaran beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa Konawe Utara lama tak ada kabar dan tidak pernah lagi tersalurkan seperti tahun tahun sebelumnya.

“Kami melakukan aksi demonstrasi karena beasiswa Pendidikan untuk mahasiswa sudah dua tahun tidak tersalurkan. Padahal pada Tahun tahun sebelumnya selalu di Anggarkan, nah ini yang perlu kami pertanyakan,” kata salah satu Dfmonstran Budianto Maranu yang juga Ketua Mahasiswa kecamatan Molawe, Sabtu 27 November 2021

Di tempat yang sama Salah Seorang Massa Aksi Iksan Binsar Mengungkapkan bahwa Pemerintah dan DPRD jangan lupa bahwa sekurang-kurangnya 20% APBD Harus di alihkan ke pendidikan salah satunya adalah pengadaan beasiswa.

“Pemda dan DPRD harus ingat bahwa sekurang-kurangnya 20% APBD Harus di alokasikan ke bidang pendidikan salah satunya adalah pengadaan beasiswa untuk Mahasiswa” ungkap Iksan didepan Plazainn Hotel Kendari, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia.

Lebih lanjut Iksan juga mengingatkan bahwa beasiswa Pendidikan jangan coba coba di Hilangkan apalagi jika pada Pembahasan APBD itu di bahas dan di tetapkan karena Jika mahasiswa Tau Haknya di kebiri maka Mahasiswa Konawe Utara tidak akan tinggal diam.

“Perlu kami ingatkan kepada pemerintah daerah Konawe Utara untuk tidak mencoba menghilangkan beasiswa Pendidikan apalagi jika pada tahun anggaran tersebut di bahas dan di tetapkan oleh DPRD. Karena jika kami tau Hak Kami di kebiri maka kami pastikan kami tidak akan tinggal diam,” bebernya.

Di tempat yang sama pula, Demonstran yang juga ketua Mahasiswa kecamatan Oheo Syamsir mengatakan Ia menduga Ada Kongkalikong antar DPRD dan Pemda dalam Hal perealisasian beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa sebab Hampir di penghujung tahun 2021 tidak ada kabar Sedikit pun tentang beasiswa tersebut.

“Kami duga ada kongkalikong antara Pemda dan DPRD Konut dalam merealisasikan program beasiswa Pendidikan untuk mahasiswa, sebab Sampai di penghujung tahun tidak ada kabar sama sekali terkait dengan penyaluran beasiswa Pendidikan kami” ungkap Syamsir.

Berselang beberapa menit kemudian Dinas pendidikan dan kebudayaan Konawe Utara, Anggota DPRD, dan Wakil Bupati Konawe Utara Menemui massa aksi dan melakukan Dialog Bersama.

Pada dialog tersebut, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Konawe Utara Lapeha. S.Pd M.Si mengatakan bahwa beasiswa tersebut akan di saluran tetapi masih menunggu waktu yang tepat.

” Anggaran untuk beasiswa mahasiswa Ada, Dan Akan tetap di salurkan Hanya masih menunggu waktu yang tepat, ” kata Kadis pendidikan dan kebudayaan Konawe Utara

Untuk di ketahui hasil diskusi tersebut menghasilkan beberapa informasi dan kesimpulan antara lain:

  1. Beasiswa Pendidikan Untuk Mahasiswa Konawe Utara 2021 Tetap akan tersalurkan dan pengumpul berkasnya akan di buka pada 01-10 Desember 2021
  2. Pengumpulan berkas melalui ketua Ketua Paguyuban Se-kabupaten Konawe Utara.(KK***)

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button