Ekonomi-Bisnis

Garansi Tak Berlaku, Produk JCB PT Galaksi Madiri Utama Rugikan Konsumen

Kendari, Kendarikini.com – PT Galaksi Mandiri Utama (GMU), perusahaan distributor alat berat merek Eropa Inggris JCB yang termasuk suku cadang dan service, melalui dealer Kota Makassar telah merugikan konsumen dengan tidak memberlakukan garansi.

Salah satu konsumen Nisar Fachry Adam mengatakan, merek alat berat yang cukup terkenal di dunia ini, tidak tertib dalam aturan main terkait pergantian kerusakan dengan barang baru sebagai tanggung jawab produk.

“Galaksi Mandiri Utama telah merugikan kami terkait pergantian barang kerusakan alat yang dibebankan kepada pihak konsumen. Padahal masih dalam kondisi garansi, kami di bebankan biaya pergantian alat dengan skemanya, ” tandas Nisar saat ditemui awak media kendarikini.com, Senin 20 April 2020.

Ketua Umum Pemuda Lumbung Informasi Rakyat Sulawesi Tenggara (Lira Sultra) ini menjelaskan, PT GMU telah mengabaikan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang menjelaskan bahwa pihak produsen harus memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran atau kerugian konsumen atas konsumsi barang/jasa yang di hasilkan.

“JCB Galaksi Mandiri Utama juga telah melanggar pasal 25 UU Perlindungan Konsumen. Dengan kata lain, wajib satu tahun menyediakan suku cadang dan wajib memenuhi jaminan garansi sesuai yang di janjikan,” pungkasnya.

Atas keberatannya, pihak Lira Sultra telah melayangkan somasi ke pihak JCB PT GMU yang ditembuskan ke beberapa kantor pusat. Setelah itu, akan ditebuskan ke Badan Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (BPKN RI).

“Saya harap pihak JCB Galaksi Mandiri Utama juga benar relevan, jangan merugikan kami,” tukasnya.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button