Berita

HMI Cabang Kendari : Menjarah Adalah Sebuah Keharusan

Kendari, kendarikini.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari menyoroti intruksi Wali Kota Kendari yang mengharuskan masyarakat untuk hentikan segala aktivitas. Bahkan pamflet yang tersebar pihak TNI-POLRI pun dilibatkan untuk mengamankan masyarakat yang tidak mengindahkan intruksi Wali Kota, (10/4).

Ketua umum HMI Cabang Kendari Ujang Hermawan mengatakan, banyak dampak sosial dari intruksi yang telah diberikan, utamanya keresahan sosial
pedagang baik dari pasar tradisional maupun moderen. Selain itu masyarakat dibuat panik untuk berbelanja ke pasar terdekat, dan parahnya intruksi ini mengakibatkan masyarakat berkumpul disuatu tempat dengan jumlah yang banyak sehingga jangan salahkan masyarakat ketika menjarah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Kita lihat bersama masyarakat kemarin panik dengan berbondong-bondong ke pasar terdekat untuk memenuhi kebutuhannya selama 3 hari, dan parahnya akibat intruksi menciptakan kumpulan massa yang banyak di pasar-pasar. Bukankah ini semakin mempercepat penyebaran Covid-19 Apabila dari kumpulan massa tersebut ada yang positif Covid-19?,” tandasnya saat dihubungi via telepon.

Menurutnya, saat menurunkan intruksinya,Wali Kota Kendari tidak memikirkan masyarakat ekonomi kebawah. Hal ini sama halnya mendukung masyarakat untuk menjarah demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Mau belanja persiapan menggunakan apa? Ketika mereka tidak mempunyai uang untuk dibelanjakan, walikota tidak bisa menyalahkan ketika ada masyarakat yang menjarah di pertokoan ataupun pasar, karena masyarakat tak mempunyai uang untuk belanja kebutuhan hidupnya,” imbuhnya.

Selain itu, menurutnya, ratusan narapidana Kota Kendari yang baru saja keluar dari lapas tahanan pasti akan bergejolak.

“Boro-boro mau bekerja, uang untuk membeli kebutuhan hidupnya saja tidak ada. Terus selama wabah Covid-19, apakah sudah ada solusi nyata yang dibuat oleh Wali Kota Kendari? Anggaran 66,6 Milliar yang Wali Kota siapkan bersama DPRD Kendari untuk siapa?,” tutupnya.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button