Ormas

HMI Desak Pemda Kolaka Untuk Mengawal Penyaluran BLT Harus Tepat Sasaran

Kolaka, kendarikini.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai, diperlukan kehati-hatian. Sebab seluruh masyarakat Kolaka yang terkena dampak pandemi virus corona atau covid-19, harus terjamin Kebutuhannya, (27/4).

Olehnya itu, Ketua umum HMI Cabang Kolaka Ruslan mengingatkan/Mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka untuk Menyalurkan BLT kepada warga terdampak berdasarkan data dan alamat, agar pembagian BLT bisa tepat sasaran.

“Sekarang itu, banyak masyarakat yang mengeluh terkait tidak tepat sasarannya BLT ke masyarakat , sehingganya ini kemudian dapat memicu konflik sosial ” ujarnya

Menurutnya, persoalan pembagian BLT terhadap warga merupakan masalah serius. Untuk di Kabupaten Kolaka, menurut Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengembangan Manusia (PPM) Bappeda, Kabupaten Kolaka, Indra Harahap, jumlah KK penerima BLT penanggulangan Covid-19 hanya 17,268 KK, yang terdiri dari BLT dana desa 9,939 KK dan 7,329 KK bantuan dari Provinsi.

jika jumlah dana desa yang diterima di bawah Rp.800juta, maka BLT penanggulangan Covid 25 persen. Sedangkan diatas Rp.800 juta hingga Rp.1.2miliar dana BLT yang disalurkan 30 persen, dan penerima dana desa di atas Rp.1.2miliar nilai BLT yang dikeluarkan 35 persen.

“Angka itu kalau dialokasikan secara tepat saya rasa cukup, meskipun tidak cukup-cukup amat untuk mengantisipasi, tapi itu sudah bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak pandemi virus Covid 19 ini” ungkap Ketua Umum HMI Cabang Kolaka

Ia juga meminta Pemda Kolaka untuk lebih transparan dalam hal menghadapi persoalan pandemi covid-19.

“Menghadapi pandemi covid-19 itu bisa dihadapi dengan adanya kolaborasi semua pihak bekerjasama. Tidak bisa orang berkontribusi kalau tidak jelas datanya-datanya,” pungkasnya.

Melalui kesempatan ini Juga Ketua Umum HMI Cabang Kolaka menghimbau Khususnya kepada seluruh mahasiswa Islam dan msyarakat umumnya, untuk mematuhI fatwa Umara dan Ulama Kita Yakni beribadah dari rumah, belajar dari rumah,dan bekerja dari rumah , guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran pandemi Virus Covid-19.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close
Back to top button