Berita

HMI Tanggapi Surat Edaran Bupati Kolaka Terkait Shalat Idul Fitri

Kolaka, Kendarikini.com – Berdasarkan fatwa MUI nomor 14 tahun 2020, Fatwa MUI nomor 28 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah ditengah pandemi covid-19 serta panduan khaifiat takbiran dan salat idul fitri saat pandemi covid-19 dilaksanakan dirumah masing-masing.

Sebelumnya Bupati Kolaka H.Ahmad Safei, SH.,MH mengadakan rapat bersama Ka.Kemenang,MUI Kolaka,PHBI,DMI,PC NU,PB Muhammadiyah,Baznas,Tim gugus covid-19 Kolaka,Dirut RSBG Kolaka Untuk memutuskan Persoalan Shalat idul fitri.

Rapat soal pemutusan shalat idul fitri dilaksanakan tanggal 18 Mei 2020 diruangan bupati kolaka H.Ahmad Safei, SH.,MH.

Berdasarkan hasil rapat tersebut bupati kolaka H.Ahmad Safei SH.MH Mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan shalat idul fitri, Beliau mengatakan, Takbiran tetap dilaksanakan dimasjid masing-masing oleh pengurus masjid 2-3 orang dan tetap menggunakan masker serta sosial distancing.

“Pelaksanaan shalat idul fitri 1 syawal 1441 H dilaksanakan dirumah masing-masing dengan tetap memperhatikan panduan Khaifiat shalat IED”Ungkapnya.

Lanjut Safei” Para muballiq dan khatib binaan pemda untuk tidak menerima undangan menjadi imam dan khatib di tempat umum”.Tegasnya

Menanggapi Hal tersebut Ketua Umum HMI Cabang Kolaka Ruslan Mendukung Full keputusan bupati tersebut untuk menjalankan shalat idul fitri dirumah masing-masing.

“Akibat covid-19 Sudah seharusnya kita melaksanakan segala aktifitas dirumah masing-masing begitu pula dengan shalat idul fitri karena kalau dilakukan di tempat keramaian potensi penularan covid-19 itu sangat besar” ungkapnya.

Lanjut Ruslan “Panduan yg dikeluarkan oleh Bupati Kolaka merupakan Langkah konsisten dari pemerintah dalam menangani Covid19 , dan kira nya sebagai masyarakat yg tentu juga khawatir dengan Kemungkinan Tersebar nya Covid19 di daerah kita agar mengindahkan panduan tersebut” tegasnya.

Kami dari HMI Cabang Kolaka berharap agar masyarakat khususnya kabupaten kolaka agar mengindahkan surat edaran yang di keluarkan bupati kolaka karena itu demi kepentingan kita bersama dalam memutus mata rantai Covid-19.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button