Berita

Hunter Desak Pemda Muna Optimalkan Kinerja Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

Mengingat Sebaran Covid-19 Di Muna Semakin Meningkat

Muna, kendarikini.com – Meluasnya penyebaran COVID-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya di daerah Kabupaten Muna yang menunjukkan penyebarannya semakin hari semakin meningkat, untuk itu Hunter mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk mengoptimalkan kinerjanya dalam mencegah penyebaran Covid-19, (19/4).

Ketua Umum Hunter Ammin Tahir, SH mengatakan Pemda Muna mesti mengoptimalkan lagi kinerjanya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muna, pasalnya berdasarkan data Gugus tugas Covid-19 Sultra menunjukkan data peningkatan Penyebaran Covid-19 di Muna.

“Data terbaru 19 April 2020 dari Gugus tugas Covid-19 Sultra sudah 7 Orang yang positif di Muna, untuk itu Pemda Muna mesti mengoptimalkan kinerjanya dalam melaksanakan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 di Muna” ucapnya saat dihubungi via whatsApp.

Ia menambahkan penambahan orang yang positif Covid-19 di Kabupaten Muna menyebabkan masyarakat gelisah dan memikirkan dampak sosial dan ekonomi.

“Pemerintah daerah kabupaten Muna dan semua instansi yang terlibat dalam penanganan Covid-19 mesti mengeluarkan kebijakan yang sistematis dan terukur agar tidak terjadi konflik di kalangan masyarakat, akibat prokontra terkait kebijakan yang dikeluarkan, dalam mengeluarkan kebijakan nantinya Pemda Muna terlebih dahulu dilakukan sosialisasi jauh-jauh hari” jelasnya

Ia Juga menyerankan Kordinasi yang di lakukan oleh Pemda Muna secara struktural dan sistematis, diantara nya pemerintah daerah berkordinasi dengan pihak kecamatan, kecamatan mengintruksikan untuk memantau dan mendata jumlah penduduk baik yang ODP (Orang dalam Pengawasan) dan PDP (Pasien dalam pengawasan) bekerja sama dengan RW dan RT setempat sehingga terpantau pergerakan yang di lakukan.

Lanjutnya relokasi anggaran yang dilakukan Bupati Muna, LM Rusman Emba sebesar Rp 12 miliar yang bersumber dari setiap kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk mengatasi wabah ini mesti tepat sasaran dengan memperhatikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan Obat-obatan untuk tenaga medis dan pasien yang sedang diisolasi.

“Sebagai saya mengharapkan masyarakat terus bisa bersinergi dan yakin kita mampu dan bisa melawan penyebaran virus Corona Covid-19 sehingga perekonomian akan semakin membaik dan masyarakat bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa, mari kita lawan bersama dan bantu petugas medis” tuturnya.

Senada dengan itu Sekretaris Umum (Sekum) Hunter Muhammad Ronal Setiawan, S.Ap mengatakan Pemda Muna juga harus memperhatikan kelangsungan hidup masyarakat terutama masyarakat ekonomi kebawah dan dengan memberikan bantuan secara merata, sehingga dengan itu masyarakat akan mengikuti himbauan pemerintah tentang social distancing dan phisycal distancing.

“Dana puluhan Miliar yang dialokasikin pemerintah mesti ada transparansi dan sesegera mungkin direalisasikan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kabutapen muna yang saat ini berdasarkan data dari Gugus tugas Covid-19 di Sultra jumlah OTG sebanyak 2 Orang, ODP sebanyak 41 Orang, PDP sebanyak 3 orang dan Positif sebanyak 7 orang” ungkapnya.

Lanjutnya Selain itu dukungan Pemda Muna dalam mempersempit dan memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dengan menyediakan sarana cuci tangan umum untuk masyarakat sehingga selalu bersih, melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala baik di lingkungan yang sudah positif maupun yang sudah ada kasus yang memiliki gejala yang mengarah pada Covid-19, baik di lingkungan umum, sekolah sekolah, pasar dan tempat ibadah dan tempat umum lainnya.

“Bagi yang sudah positif Covid-19 masyarakat tidak perlu merasa minder atau takut di asingkan, apabila ada gejala yang menyerupai Covid-19 segera untuk hubungi pihak terkait untuk bisa segera di tangani dengan baik dan mendapatkan pengobatan dan perawatan khusus selama proses penyembuhan hingga pemulihan, dukungan terhadap petugas medis pun sangat penting sehingga dapat melaksanakan tugas nya dengan baik” harapnya.

“Kemudian Peran masyarakat dalam memberikan informasi dan mentaati himbauan pemerintah sangat membantu baik pemerintah daerah dan tim medis sangat membantu dalam menangani penyebaran virus Corona ini supaya berakhir dan bisa kembali normal dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa, karena masyarakat sebagai benteng utama untuk menghindari penyebaran Covid-19” tutupnya.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button