Ekonomi-Bisnis

Investasi PT VDNI di Harap Buka Lapangan Kerja yang Luas Bagi Tenaga Kerja Lokal

Kendari, Kendarikini.com – Ketua DPD KNPI Sultra H. Syahrul Beddu mengatakan investasi perusahaan Mega Industri yang bergerak pada sektor pertambangan nickel PT VDNI merupakan investasi yang menguntungkan dan telah memberikan manfaat ekonomi secara luas kepada masyarakat dan daerah, sekaligus menambah pendapatan negara, membuka dan memperluas lapangan kerja bagi , serts memajukan industri dalam negeri dan lainnya, (5/7).

“Sehingga layak mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, kegiatan yang dilakukan perusahaan berdampak positif terhadap perekonomian nasional” ujar mantan wakil presiden Universitas Haluoleo ini.

Pembangunan smelter feronickel PT. VDNI yang menyerap ribuan tenaga lokal idealnya diharapkan turut menciptakan transfer skill, teknologi dari tenaga kerja asing (TKA) ke pekerja lokal.

Ketika ditanya terkait aksi penolakan 500 TKA

“Kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing di PT. VDNI dan PT OSS, Syahrul Beddu mengatakan, itu adalah sebuah dinamika, dan pemerintah maupun perusahaan sepatutnya memberi ruang dialog kepada perwakilan massa aksi agar didapatkan titik temu, kita jangan alergi, kita merespons tuntutan dari mereka dengan membuka ruang dialog sehingga ada titik temu terhadap tuntutan, masukan dan harapan dari stake holders,” jelasnya

Harap dipahami bahwa bakal menguntungkan banyak pihak, seperti terserapnya tenaga kerja lokal untuk mendampingi Tenga kerja ahli dari China, Ekonomi masyarakat areal tambang, daerah dan akan semakin hidup setelah stagnan dilanda Pandemi Covid-19, dan hal ini disambut baik oleh kedua perusahaan ini dalam menghadapi fase New normal.

Lanjut aktivis yang masih tercatat sebagai Ketua Umum KOMTI SULTRA, ia menambahkan langkah yang dilakukan pemerintah Pusat, dan Daerah dengan menerima permintaan perusahaan ini adalah langkah yang tepat walaupun di situasi Pandemi Covid-19 yang saat ini kita menghadapi fase New Normal.

“Langkah yang dilakukan pemerintah Pusat dan Daerah dengan menyetujui permintaan PT VDNI dalam menghadapi fase New Normal untuk kembali mendongkrak perekonomian lokal dan nasional adalah tepat dan kita sambut dengan baik,” ujarnya.

Kemudian Ia berharap PT. VDNI juga dapat melakukan pelatihan dan kursus terhadap Karyawan lokal, seperti pelatihan penggunaan alat produksi, Kursus dan pelatihan keahlian lainnya termasuk kursus bahasa Inggris dan China bila diperlukan, hal ini tentulah akan bermanfaat bagi karyawan lokal.

Syahrul juga berharap pemerintah mampu memberikan jaminan kemudahan investasi bagi perusahaan agar dapat berjalan sesuai harapan masyarakat.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button