Hukum

Polda Metro Jaya Tetapkan Haerul Saleh Tersangka Kasus Penipuan Dan Penggelapan

Jakarta, kendarikini.com – Mantan anggota DPR RI dari partai Gerindra dapil Sulawesi Tenggara Haerul Saleh. Ditetapkan tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana puluhan Milyar berdasarkan laporan korbannya Surya Ismail Bahari. Penyidik Polda Metro pun membenarkan hal tersebut (25/4).

Kasus ini bergulir masuk proses hukum di Polda Metro Jaya disaat Haerul Saleh masih tercatat aktif sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019. pasal yang disangkakan yakni pasal 378 dan atau pasal 372 Jo pasal 55 KUHP dan pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Peristiwa penipuan dan penggelapan ini diduga terjadi di Jakarta pada tanggal 8 Juni 2018 di Jakarta pusat. baru pada tanggal 13 Desember melalui gelar perkara oleh Polda Metro Haerul Saleh dkk, Ditetapkan sebagai tersangka. Penyidik bergerak cepat Dimana Selanjutnya melalui surat penetapan tersangkanya di limpahkan ke kejaksaan tinggi DKI Jakarta per tanggal 19 Desember 2019 ditanda tangani oleh Dirreskrimum Kombes Suyudi Aryo Seto SH SIK MSi.

Di tempat terpisah HS yang dihubungi oleh wartawan kendarikini.com tidak memberikan komentar ataupun tanggapan terhadap berita ini. Beliau hanya menyampaikan baru landing setelah melakukan penerbangan.

Forum masyarakat pemerhati hukum Indonesia, Budi menyayangkan kejadian ini seharusnya sebagai pejabat negara dapat memberikan contoh perilaku yang baik bagi kami warga negara Indonesia, bukan justru sebaliknya mencederai amanah yang telah diberikan, sebagai wakil rakyat yang pada waktu itu menjabat harusnya beliau fokus melaksanakan tupoksinya.

“Seperti kasus kasus penipuan dan penggelapan lainnya, seharusnya penyidik melakukan penahanan kepada tersangka agar tidak menghalangi proses hukum yang sedang berjalan, kita berharap aparat hukum tidak memberi perlakuan berbeda antara elit dan rakyat, karena siapapun yang bersalah kedudukannya sama dimata hukum” timpalnya kepada kendarikini.com.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button