Berita

Rawat Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Kodim 1412/Kolaka Gagas Kegiatan Kebangsaan

Kolaka, Kendarikini.com – Saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah kompleks dan majemuk dengan segala permaslahan yang ada. Olehnya itu perlu adanya solusi kebangsaan dalam menjawab segala permasalahan yang ada. Solusi bermayarakat berbangsa dan bernegara adalah dengan mengamalkan semua nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ancaman dari ideologi selain Pancasila, seperi ideologi Komunis, Sosialis, Luberialisme, Khilafah Negara Islam, harus selalu diwaspadai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, yang sarat dengan permsalahan yang begitu kompleks.

Selanjutnya konsep Proxy War yang merupakan konsep perang global saat ini, harus selalu diwaspadai dan diantisipasi, karena apabila Proxy War berjalan masif di NKRI, maka hal ini dapat mengganggu dan menghancurkan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Guna menangkal segala upaya gerakan lain yang bermaksud menghancurkan keutuhan dan kedaulatan NKRI serta merubah falsafah Negara ke faham selain Pancasila, Kodim 1412/Kolaka gagas kegiatan kebangsaan yang bertajuk “Pancasila Menyapa Negeri”.

Komandan Kodim 1412/Kolaka Letkol Kav Amran Wahid, S.T., M.M., terkait kegiatan ini memberikan keterangannya bahwa kegiatan Pancasila Menyapa Negeri ini dilaksanakan dalam 4 tahapan.

“Kegiatan Pancasila Menyapa Negeri yang dinisiasi oleh Kodim 1412/ Kolaka melalui Komunitas Pancasila Menyapa Negeri for NKRI Jaya ini akan digelar di 3 kabupaten wilayah binaan Kodim 1412/ Kolaka, yakni kabupaten Kolaka, kabupaten Kolaka Utara, dan kabupaten Kolaka Timur dalam 4 tahapan,” jelas Letkol Amran, Rabu (10/6).

Lebih lanjut Dandim 1412 Kolaka mengatakan, tahapan awal dari kegiatan yang digagasnya ini dimulai dari memperkenalkan Pancasila sebagai Dasar Negara beserta nilai-nilainya.

Kemudian dilanjutkan dengan tahapan mengingatkan kembali Pancasila itu sendiri, setelah itu memelihara nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tahapan yang terpenting, adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tersebut secara utuh dalam khidupan sehari-hari, sehingga tercipta insan manusia Indonesia yang militan menuju cita-cita Bangsa Indonesia … aman, adil, makmur, sejahterah, NKRI BERSATU JAYA, UTUH dan BERDAULAT BERDASARKAN PANCASILA dan UUD 1945,” pungkas mantan Dandenintel Kodam VII/Wrb yang dikenal selalu akrab dengan para aktivis ini.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button