Opini

Refleksi Perjuangan R.A Kartini Masa Kini

Oleh: Musriani Wasekum Kohati Badko Sultra Periode 2018-2020

21 april diperingati sebagai hari kartini sejak ditetapkan sebagai hari nasional oleh Presiden Soekarno sejak tahun 1964. Hal ini menjadi momen spesial bagi perempuan Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak perempuan sebagaimana yang di lakukan R.A. Kartini. Kartini merupakan teladan untuk mewujudkan impian lewat ide dan gagsannya yang cemerlang pada zamannya dalam bentuk surat, sehingga ia mampu membawa perubahan besar pada perempuan Indonesia.

Perjuangan perempuan Indonesia saat ini berbeda dengan perjuangan RA.Kartini zaman dulu. Salahsatu hak yang diperjuangkan perempuan saat ini adalah hak dibidang kesehatan. Seperti kasus meninggalnya ibu melahirkan hal ini disebabkan karena kebutuhan gizi yang tidak tercukupi. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi kesehatan terhadap masyarakat sehingga banyak masyarakat yang tidak paham akan hal tersebut sehingga mereka jarang berkonsultasi pada dokter kandungan bahkan tidak pernah, sehingga mengakibatkan kelainan yang sulit diatasi.

Selain itu fasilitas kesehatan yang masih kurang memadai dan akses kesehatan yang masih sulit dijangkau menjadi salah satu penyebab kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir. Kesehatan yang seaharusnya sebagai investasi tiap manusia kini dianggap sebagai barang konsumsi. Masyarakat yang masih terkungkung oleh buadaya setempat sehingga sulit menerima edukasi tentang kesehatan.

Harapan saya untuk perempuan seluruh Indonesia dalam memperingati hari Kartini 21 April 2020 dituntut agar lebih memaknai perjuangan RA. Kartini dan menghargai jasa-jasanya serta berusaha untuk menjadi perempuan berbudi luhur, cerdas dan berani, sehingga tidak kehilangan arah dalam menghadapi tantangan zaman. Keberanian menjadi kunci untuk memperjuangkan hak-haknya karena perempuan memiliki dasar yang kuat, hal ini termuat dalam pasal 27 sampai 34 UUD 1945.

Perempuan harus berani meneriakkan kebenaran dengan lantang meski banyak yang menentang. Berani dalam hal memperjuangkan keadilan di berbagai bidang kehidupan. Kaum perempuan layak dan berhak untuk mendapatkan hak-haknya sebagaiman kaum laki-laki.***

kendarikini.com

Update Berita Kendari Hari Ini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
Close
Back to top button