Komitmen Dukung Perlancar Lalu Lintas Barang, Kepala KUPP Molawe Resmikan Fasiltas Terminal Umum PT. AKP di Lameruru

Konawe Utara – Dalam rangka mendukung dan memperlancar proses lalu lintas barang dalam meningkatkan peluang usaha , PT.Adhi Kartiko telah menghadirkan fasilitas Kantor Terminal Umum Pelabuhan.

Pengoperasian Fasilitas Kantor pelabuhan ini Diresmikan oleh Kepala Kantor Unit penyelenggara pelabuhan kelas III Molawe Abdul Faizal Pontoh,SE. Berlangsung Di Desa Lamaeru, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, dihadiri oleh Direktur Utama PT. Adhi Kartiko Pratama, Drs. E. Ense Da Cunha Solapung, serta seluruh manajemen site yang ada di Desa Lamaeru, Konawe Utara Kamis, 01 Juni 2023.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Camat Langgikima, Tasrudin, S.H., M.M., Kepala Desa Lamaeru, Aswad, S., serta mitra kerja perusahaan saat ini. Terdapat empat mitra kerja pengguna jasa kepelabuhanan PT. Adhi Kartiko Pratama yang tercatat pada tahun 2023, yaitu PT. Kacci Purnama Indah, PT. Cipta Djaya Selaras Mining, PT. Kelompok Delapan Indonesia, dan PT. Meta Mineral Pradana.

Acara peresmian dimulai sekitar pukul 11.30 WITA diawali menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu nasional “Garuda Pancasila”. Kemudian, dilanjutkan dengan doa ucapan syukur, pengguntingan pita, dan penandatanganan prasasti.

Dalam sambutannya, Abdul Faizal AB Pontoh, S.E., selaku Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Molawe, menyampaikan harapannya bahwa peresmian fasilitas ini akan menjadi sarana pendukung dalam memperlancar proses lalu lintas barang serta menangkap peluang usaha yang ada di sekitarnya. Untuk mencapai hal tersebut, dua faktor yang sangat penting adalah fasilitas pendukung yang memadai dan sumber daya manusia yang kompeten dalam mengoperasikannya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Adhi Kartiko Pratama, Drs. E. Ense Da Cunha Solapung, menyampaikan bahwa diresmikannya fasilitas ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalin kerja sama dengan mitra-mitra yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Fasilitas kantor terminal umum ini diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di kecamatan Langgikima. Sebagai perusahaan, PT. Adhi Kartiko Pratama juga diharapkan dapat menjadi motor untuk memacu kesejahteraan dan membantu dalam hal infrastruktur sekitar perusahaan. Camat Langgikima, Bapak Tasrudin, S.H., M.M., juga mengungkapkan harapannya bahwa perusahaan ini dapat tetap menjaga hubungan baik dalam kerja sama dengan perusahaan lainnya dan memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, PT. Adhi Kartiko Pratama merupakan pemilik Tersus/TUGS (Terminal Tug and Barge) yang pertama di area Teluk Matarape, Kecamatan Langgikima. Perusahaan ini telah mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI sebagai Terminal Khusus yang dapat melayani kepentingan umum atau disebut Terminal Umum Sementara sejak tanggal 23 September 2022. Status ini telah diperpanjang untuk periode 2 tahun ke depan.

Saat ini, PT. Adhi Kartiko Pratama sedang menunggu Surat Keputusan dari Direktorat Perhubungan Laut sambil melakukan perbaikan sarana dan prasarana serta mempersiapkan semua kelengkapan persyaratan sesuai peraturan perundangan untuk menjadi Terminal Umum Tetap. Perusahaan tetap berkomitmen menjaga kerja sama yang baik dengan perusahaan rekanan pengguna jasa Terminal Umum Pelabuhan secara profesional, didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait