Kepala BPVP Kendari Buka Tiga Paket Pelatihan yang Diasramakan dan Siswa Berasal dari Tiga Kabupaten

Kendari – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari buka tiga Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding atau pelatihan yang siswanya di asramakan.

Kepala BPVP Kendari, Dr La Ode Haji Polondu menyebutkan, tiga pelatihan boarding yang dibuka yakni Pelatihan Tata Kecantikan Pengantin Hantaran, Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran, serta Pelatihan Teknisi Telepon Seluler.

“Setiap paket pelatihan siswanya sebanyak 16 orang yang berasal dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, paket pelatihan boarding merupakan salah satu paket pelatihan yang ada di BPVP Kendari untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat di luar Kota Kendari yang pelatihannya dilakukan di lingkungan BPVP Kendari.

“Kalau pelatihan MTU kami yang berkunjung ke daerah-daerah di luar Kota Kendari untuk melaksanakan pelatihan di wilayah tersebut. Tapi kalau Pelatihan Boarding, siswanya yang kita undang dari Kabupaten dan Kota di luar Kota Kendari untuk datang mengikuti pelatihan di sini,” jelas dia.

Berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan boarding, lanjut Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini, pihaknya berharap kepada para siswa untuk benar-benar serius mengikuti semua prosesnya hingga usai dan dinyatakan lulus dan kompeten pada kejuruan atau jurusan yang diikuti pelatihannya.

“Mereka ini adalah para generasi muda angkatan kerja kita yang terpilih, karena dari sekian banyak masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan hanya mereka yang bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan. Atas hal itu, maka saya berharap agar para siswa peserta pelatihan bisa bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini,” tandasnya.

Para peserta ini, tambah dia, akan mengikuti proses pelatihan lebih dari satu bulan di BPVP Kendari. Selama proses itu, segala kebutuhan para peserta mulai dari pakaian seragam pelatihan, pakaian olah raga, sepatu, makan siang dan malam, buku dan alat tulis, uang saku, tempat istirahat, laundry pakaian, asuransi kesehatan serta sertifikat seluruhnya ditanggung oleh BPVP Kendari atau pelatihan di BPVP Kendari seluruhnya gratis.

“Semua ini merupakan bukti hadirnya pemerintah yang peduli atas peningkatan keterampilan dan kompetensi masyarakat, melalui Kemnaker RI yang perpanjangan tangannya di Provinsi Sulawesi Tenggara adalah BPVP Kendari,” cetusnya.

Berkaitan dengan hal itu pula, orang nomor satu di BPVP Kendari ini sangat berharap kepada para peserta yang mengikuti pelatihan untuk bisa merubah sikap dan perilakunya selama mengikuti pelatihan, bisa menjadi pribadi yang lebih baik, tekun, inovatif dan kreatif, sehingga kelak menjadi kebanggaan keluarga dan daerahnya.

“Kami akan ikut bangga, jika dikemudian hari mereka ini bisa sukses, menolong diri mereka sendiri, keluarga, masyarakat umum dan berkontribusi untuk masyarakat, daerah, bangsa dan negara,” tutupnya.

Diketahui dalam giat ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kabupaten Konawe, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka, Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kepala BLK Kabupaten Konawe, para pendamping dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan serta para pejabat dan instruktur BPVP Kendari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait