CSR PLN NP UPDK Kendari, Berdayakan Kelompok Tani Asnuri Flower

Konawe Selatan – Melalui program Corporate Sosial Responnsibility (CSR) PLN Peduli, PLN Nusantara Power (NP) UPDK Kendari melakukan pemberdayaan terhadap kelompok tani Asnuri Flower di Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, Rabu 14 Juni 2023.

Manajer PLN NP UPDK Kendari Muhammad Rusli Sain mengatakan bahwa semoga kegiatan ini menunjukkan kontribusi pihaknya terhadap pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelompok tani dan pemberdayaankaum perempuan, PLN Nusantara Power UPDK Kendari memberikan bantuan berupa pembangunan green house kepada kelompok tani Asnuri Flowers,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kelompok tani ini yang beralamat di Desa Pousu Jaya Kabupaten Konawe Selatan merupakan kelompok tani yang bergerak untuk mengembangkan budidaya tanaman hias jenis aglonema.

“Kelompok tani ini semua anggotanya adalah kaum perempuan atau ibu rumah tangga yang ingin memberdayakan diri untuk membudidayakan tanaman hias sebagai hobi sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan,” tambahnya.

Green House yang dibangun oleh PLN NP ini nanti diharapkan dapat menjadi tempat belajar bagi para pemula dan sekaligus tempat pembudi dayaan berbagai jenis tanaman hias, dimana bibitnya akan disebarkan kepada anggotanya.

“Dengan adanya pengembangan tanaman hias ini maka diharapkan jenis bunga yang langka atau jenis bunga yang adanya hanya di daerah lain bisa di kembangkan oleh kelompok tani Asnuri Flowers, sehingga masyarakat pecinta bunga Sulawesi Tenggara tidak sulit untuk mendapatkan bunga yang diinginkan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan dari sisi lingkungan ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk menjaga keanekaragaman hayati di Sulawesi Tenggara.

“Kelompok Tani yang di ketuai oleh ibu Nurjayanti ini, diharapkan kedepannya dapat berkembang dengan tetap memberdayakan kaum perempuan dan disabilitas sesuai cita-citanya. Saat ini kelompok Tani Asruri Flower telah memiliki tujuh anggota dan ini diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan kelompok kedepannya,” bebernya.

Ia juga mengungkapkan bahwa bukan hanya kali ini pihaknya melakukan pemberdayaan masyarakat.

“Kemarin juga dengan BPVP Kendari kita membangun sebuah kelompok Pemberdayaan Masyarakat yang melakukan kegiatan aktivitas usaha cetak Paving Blok, ini semoga dapat membantu perekonomian masyarakat yang kita bantu, selain itu ada beberapa bentuk program pemberdayaan masyarakat yang telah kita lakukan dan masih berjalan,” bebernya.

Disela-sela kegiatan Manajer PLN NP UPDK Kendari juga mengungkapkan bahwa pihaknya dalam setahun bisa menyalurkan 20 hingga 30 program CSRnya.

“Semua kami kordinasi dengan kantor pusat, dan program CSR yang kami lakukan juga terus kami lakukan pembinaan, dan bagi masyarakat yang mau mendapatkan bantuan CSR bisa berkordinasi di kantor kami dan ini terbuka untuk umum,” tandasnya.

Terakhir pihaknya berpesan agar Asnuri Flower ini akan terus berkembang dan mampu melakukan inovasi-inovasi lainnya yang membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Diketahui untuk bibit tanaman hias yang dikembangkan oleh kelompok Tani Asnuri Flowers selain varian yang sudah ada saat ini juga bibit didatangkan dari Bogor dan Lampung.

“Sehingga dengan adanya Green House ini maka diharapkan jumlah varian bunga aglonema yang ada di Sulawesi Tenggara bisa bertambah banyak,” harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Puosu Jaya melalui Sekretaris Desa Jumail mengatakan pihaknya sangat berterimakasih dengan adanya bantuan tersebut.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan dari PLN NP UPDK Kendari, dan ini akan kita jaga dan terus kembangkan,” katanya saat membawakan sambutannya.

Ketua UMKM Sultra yang diwakili anggota forum Syamsidar mengapresiasi langkah yang dilakukan PLN NP UPDK Kendari.

“Kami apresiasi kontribusi dari PLN NP UPDK Kendari, ini akan terus kita kembangkan,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu saat membawakan sambutannya mengatakan “Tentu ini suatu hal yang sangat membanggakan dimana kegiatan seperti ini, bukti nyata kebermanfaatan PLN NP UPDK Kendari, selain sebagai penerangan, tetapi juga mampu melakukan pemberdayaan.

Ia menambahkan bahwa jika terus komitmen dikawal hal ini akan membuahkan hasil, semua yang besar selalu bermula dari yang kecil.

“Dengan kerja keras Asnuri Flower kedepannya ini akan membawa dampak yang besar, dan kita patut bersyukur dengan bantuan PLN NP UPDK Kendari,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa PLN ini sudah tercatat beberapa kali dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui CSRnya, di BPVP Kendari kemarin juga kita bekerjasama.

“Terakhir kami apresiasi langkah PLN NP UPDK Kendari dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui program CSRnya, karena tercatat hanya beberapa perusahaan yang betul-betul menyalurkan program CSRnya ke masyarakat,” pungkasnya.

Selain itu Kadisnaker dan Transmigrasi Sultra yang diwakili Sekdis Hendra Iskandar mewakili Pemerintah Provinsi Sultra mengapresiasi dan berterimakasih PLN NP UPDK Kendari.

“Saya mewakili Pemprov sangat berterimakasih dengan adanya program ini, harapan kami kedepannya semakin banyak perusahaan yang menyalurkan CSRnya secara nyata dengan melakukan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Ketua Kelompok Tani Asnuri Flower Nurjayanti mengatakan “Kegiatan ini saya rintis dari tahun 2019, berjalan terus hingga sekarang dan dipertemukan dengan pihak BPVP Kendari serta PLN NP UPDK Kendari,”.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada PLN NP UPDK Kendari atas bantuannya.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan PLN NP UPDK Kendari, ini akan terus kita jaga dan kembangkan,” tuturnya.

Untuk diketahui Asnuri Flowers yang memberdayakan perempuan, selain membudidayakan bunga tanaman hias juga bisa memasarkan berbagai jenis varian baru. Jadi kesempatan untuk membentuk kelompok pasar bunga kedepannya sangat terbuka baik offline maupun online.

Kelompok Tani Asnuri Flowers selain budi daya tanaman hias juga memperoduksi media tanam untuk pot bunga sehingga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi anggota kelompoknya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait