BPVP Kendari Buka Empat Program Pelatihan, Wagub Sultra Sebut Sebagai Langkah Peningkatan SDM

Kendari – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Wagub Sultra) Dr. H Lukman Abunawas SH., MH., M.Si. buka empat Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Selasa (16/5).

Empat program pelatihan yang dibuka yaitu Program Pelatihan Juru Gambar Bangunan, Barista, Asisten Pembuat Pakaian dan Asisten Hairdresser atau Kecantikan Rambut dengan peserta sebanyak 64 orang dimana setiap kejuruan diikuti 16 orang.

Lukman Abunawas dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap BPVP Kendari yang terus konsisten menciptakan tenaga kerja terampil di Sultra.

“Keberadaan BPVP Kendari sangat membantu kami dalam meningkatkan Sumberdaya Manusia di Sultra menjadi tenaga kerja terampil dan siap pakai,” katanya.

Ia menuturkan, program tersebut sejalan dengan program kerja Pemerintah Provinsi yang dikemas dalam Sultra Emas, meliputi Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Produktif, Sultra Beriman dan Berbudaya.

“Dari item-item itu, semua memiliki keterkaitan dengan program kerja BPVP Kendari yang memiliki visi membuat terampil dan kompeten para pencari kerja,” jelasnya.

Pemprov Sultra, jelas dia, terus memberikan dukungannya terhadap BPVP Kendari termasuk dalam menciptakan tenaga kerja yang terampil pada bidang pertambangan.

“Kita sudah hibahkan lahan ke BPVP kendari seluas 4,6 hekatre untuk dimanfaatkan dengan baik, salah satunya membuka pelatihan alat berat untuk menjadi operator di berbagai industri pertambangan di Sultra. Pelatihan ini sangat dibutuhkan, mengingat Sultra merupakan wilayah yang potensial bidang pertambangan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan yang besar Pemprov Sultra terhadap BPVP Kendari.

“Pemprov Sultra merupakan mitra kerja kami yang terus memberikan dukungannya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat yang belum memiliki ketrampilan dan diharapkan mereka kelak dapat berkontribusi dalam pembangunan di daerah kita Sultra tercinta ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini BPVP Kendari telah menjalankan berbagai program pelatihan, mulai dari pelatihan boarding (siswa yang di asramakan), non boarding (siswa yang tidak di asramakan), Mobile Training Unit (pelatihan yang dilaksanakan di luar Kota Kendari) dan pelatihan peningkatan produktivitas.

“Semua pelatihan ini telah berjalan dan masih akan berlanjut, kita akan terus konsisten menjadikan para angkatan kera menjadi terampil dan siap pakai,” bebernya.

Terkait pelatihan ini, lanjut dia, pihaknya berharap dapat menjadikan peserta lebih terampil, sehingga kelak dengan keterampilan yang diperoleh dapat menolong diri sendiri, keluarga, masyarakat umum dan bermanfaat bagi daerah, bangsa dan negara.

“Mewujudkan ini, perlu kesungguhan dari para peserta, memanfaatkan waktu pelatihan yang singkat, mendengarkan instruksi instruktur dengan sungguh-sungguh dan melatih diri untuk lebih disiplin. Kami semua berharap apa yang diperoleh dari pelatihan ini bisa menjadi ilmu dan bekal hidup yang berkah dan bermanfaat,” tutupnya.

Diketahui, dalam pembukaan kegiatan tersebut, turut hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy beserta para pejabat dan instruktur BPVP Kendari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker