Pastikan Pembangunan Rumah Layak Huni, Ridwan Bae dan Satker Penyediaan Perumahan Sultra Kunjungi Penerima BSPS

Kendari – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ir Ridwan Bae bersama Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Pither Pakabu melakukan kunjungan lapangan pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat dan memastikan pembangunan program BSPS berjalan dengan baik dan masyarakat penerima bantuan dapat mencapai impiannya membangun rumah layak huni.

Saat diwawancarai di sela-sela kunjungannya, Pither menerangkan bahwa pada tahun 2023 ini Provinsi Sultra mendapatkan kuota BSPS sebanyak 2.742 unit yang tersebar di 17 Kabupaten dan Kota wilayah Sultra.

Khusus di Kota Kendari, jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang menjadi sasaran atau penerima manfaat BSPS sebanyak 148 unit. Adapun nilai nominal bantuan setiap unit adalah sebesar Rp20 juta rupiah.

“Nominal tersebut dipergunakan untuk pembelian bahan material bangunan dan pembayaran upah tukang”, terang Pither Pakabu.

Lebih lanjut Pither mengungkapkan bahwa program BSPS yang merupakan aspirasi dari Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu saat ini rata-rata progres pelaksanaannya telah mencapai 80 persen untuk di Sultra. Sementara untuk di Kota Kendari telah mencapai 98 persen.

“Hal ini merupakan capaian yang sangat baik”, kata Pither yang saat ini menjabat sebagai Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Maluku.

Olehnya itu, ia mengapresiasi kinerja PPK bersama Tim Tenaga Ahli BSPS, Korkab dan TFL se Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae menyatakan bahwa ia selalu mendukung pelaksanaan Program BSPS di Sulawesi Tenggara.

Mantan Bupati Muna dua periode itu berharap, program BSPS ini dapat mewujudkan impian masyarakat miskin dan berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah layak huni.

“Bahwa suksesnya penerima bantuan membangun rumah layak huni semua karena kerja tim yang sangat kompak dan koordinasi Kasatker dan PPK yang baik”, kata politisi Golkar itu.

Muh Tawil (45), salah satu penerima program BSPS yang mendapat kunjungan dari Satker Penyediaan Perumahan dan Wakil Ketua Komisi V itu mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diterimanya.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai penjual bakso itu sangat berterima kasih kepada Ir Ridwan Bae yang telah memperjuangkan program BSPS hingga bisa dinikmati oleh masyarakat Sultra.

“Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Ir Ridwan Bae, sebab dengan aspirasi beliau kami bisa mencapai impian membangun rumah layak huni sebab sebelumnya hanya rumah papan”, pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait