Cegah Korban Jiwa, KPP Kendari Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

Kendari – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari menggelar pelatihan pertolongan pertama, Senin 19 Juni 2023.

Kegiatan yang bermaksud memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan pertama (First Aid) bagi para potensi sar di wilayah Sulawesi Tenggara dihadiri 50 peserta dari berbagai perwakilan instansi dan potensi SAR.

Plt KPP Kendari Rudi mengatakan kegiatan in neningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi, berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara KPP Kendari dengan potensi pencarian dan pertolongan di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Ada beberapa materi dan praktek yang diajarkan, Pengantar Pertolongan Pertama, Penilaian Korban, Pemindahan Korban, BHD & RJP, Resusitasi Jantung Paru, Perdarahan dan syok, Cedera Jaringan Lunak dan organ dalam, Patah tulang, Cedera kepala, dada dan tulang belakang, Luka bakar dan kedaruratan lingkungan, Terapi oksigen dan Triage,” jelasnya.
Dalam kegiatan Pembukaan ini PLT KPP Kendari Rudi yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Basarnas menetapkan 4 Unsur utama penunjang keberhasilan Operasi SAR yaitu Basanas sendiri selaku ladang sektor dibidang pencarian dan pertolongan, Pemerintah Pusat/Daerah melalui BNPB/BPBD, TNI/Polri dan Potensi SAR yang mewakili Masyarakat.

“Sinergitas antara Basarnas dan Non Basarnas tersebut diharapkan terwujud melalui pelatihan bagi potensi sar ini, kekompakan dan kebersamaan keempat komponen tersebut akan terus diupayakan untuk dipupuk dengan harapan mampu meminimalisasi jatuhnya korban jiwa pada setiap kecelakaan, bencana atau kondisi membahayakan manusia,” ungkapnya.

Kegiatan Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pengembangan Prov. Sultra La Ode Saifuddin mewakili Gubernur dimana dalam sambutan Gubernur yang dibacakannya berharap dengan pelatihan potensi ini dapat menghasilkan kekuatan sar yang terintegrasi secara pasif sehingga pelayanan sar yang diberikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara cepat dan optimal.

Untuk diketahui acara Pembukaan Pelatihan Potensi SAR turut serta dihadiri oleh Forkopimda Prov. SulawesiTenggara, para komandan satuan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sulawesi Tenggara dan pimpinan organisasi potensi sar.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker