KPP Kendari Latih 50 Peserta Potensi SAR

Kendari – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari berhasil melakukan pelatihan terhadap 50 (Lima Puluh) peserta potensi Search and Rescue (SAR), Sabtu 24 Juni 2023.

Plt KPP Kendari Hidayat mengatakan kegiatan yang diadakan sejak 19 Juni itu dan hari ini ditutup berhasil melatih 50 peserta potensi SAR terkait teknik pertolongan pertama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan pertama (First Aid) bagi para potensi sar di wilayah Sulawesi Tenggara,” katanya.

Ia menambahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat yang berpotensi melakukan pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan evakuasi, berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas antara KPP Kendari dengan potensi pencarian dan pertolongan di wilayah Sulawesi Tenggara

“Dalam kegiatan diberikan Teori dan Praktek, untuk peserta Sebanyak 50 Orang terdiri dari TNI/Polri, Instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan,” ungkapnya.

Lanjutnya dalam Pelatihan ini setelah melaksanakan ujian teori dan Praktek, 50 peserta dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat dari Basarnas.

“Observer dan Instrukturnya berasal dari Kantor pusat dan KPP Kendari, sedangkan materi dan Praktek yang diajarkan, Pengantar Pertolongan Pertama, Penilaian Korban, Pemindahan Korban, BHD & RJP, Resusitasi Jantung Paru, Perdarahan dan syok, Cedera Jaringan Lunak dan organ dalam, Patah tulang, Cedera kepala, dada dan tulang belakang, Luka bakar dan kedaruratan lingkungan, Terapi oksigen, Triage dan total keseluruhan sebanyak 72 Jam Pelajaran,” bebernya.

Saat membawakan sambutannya Plt KPP Kendari Hidayat mengatakan pelatihan ini merupakan bentuk pembelajaran awal, dengan harapan setelah menyelesaikan program pelatihan ini para peserta nantinya akan memiliki sikap mental sebagai potensi sar dibidang kemanusiaan.

“Dan mampu mengaplikasikan seluruh teori dan keterampilan yang telah didapat selama Pelatihan sehingga bisa dibutuhkan pada saat terjadi kecelakaan dan bencana di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara dan sekitarnya,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait