Wamenkumham Kunjungi Rutan Kelas II A Kendari, Karutan: Membawa Semangat Baru Bagi Kami

Kendari – Wakil Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Wamenkumham RI), Edward Omar Sharif Hiariej, bersama rombongan telah tiba di Kendari Sulawesi Tenggara melalui Bandara Udara Haluoleo sekitar pukul 09.30 WITA, Selasa 25 Juli 2023

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Silvester Sili Laba, bersama Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Muhammad Zamrun Firihu, serta Para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sultra dan juga para Ka UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi menjemput langsung kunjungan tersebut.

Kunjungan ini dalam rangka mengisi kegiatan KUMHAM GOES TO CAMPUS sebagai keynote speech yang akan dilaksanakan di auditorium Mokodompit Universitas Halu Oleo (UHO) pada hari Rabu (26/7/2023). Selain itu, Wamenkumham tersebut juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi dalam Kota Kendari.

Selain itu Wamenkumham juga mengunjungi Rutan Kelas II A Kendari, Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Lapas Kelas II A Kendari dan beberapa UPT lainnya dilingkup Wilayah Kemenkumham Sultra.

Terkait kunjungan Wamenkumham, Karutan Kelas II A Kendari Iwan Mutmain mengatakan “Wamenkumham Kunker ke Rutan Kelas II A Kendari dalam rangka sosialisasi KUHP Baru, kunjungan ini juga menjadikan semangat baru bagi kami,”.

Sambungnya ia juga menuturkan Ini angin segar juga karena dalam KUHP baru bahwa setiap Narapidana ataupun WBP itu tidak semua berujung pada Pidana Penjara, dan ini menjadi solusi atas kondisi over kapasitas khususnya di Rutan Kelas II A Kendari.

“Di Rutan Kelas II A Kendari itu seharusnya 234, tetapi diisi oleh 702 WBP,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga telah mengusulkan rehabilitasi Rutan Kelas II A Kendari.

“Kami sudah usulkan ke Kementerian, tetapi ini kan semua butuh proses dan bukan hanya Rutan Kelas II A Kendari yang mengalami Over Kapasitas, tetapi tadi kami sudah sampaikan ke Wamenkumham, semoga cepat diterima usulan kami terkait rehab Rutan Kelas II A Kendari,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker