Dorong Daya Saing UMKM Masyarakat, Kanwil Kemenkumham Sultra Berikan Bimbingan Kepada Pelaku UMKM

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bangga Berwisata di Indonesia dalam Event Sultra Meambo 2023 Mengadakan Talk Show Capacity Building dengan Tema “Mendorong UMKM yang Berdaya Saing Untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif” di Mall The Park, Kendari. Rabu (09/08/2023)

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba yang di Wakili Oleh Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum (AHU) Lukman M Saada menjadi Narasumber pada kegiatan Talk Show Tersebut bersama Pengawas Makanan dan Farmasa (PMH) Ahli Madia Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Hasnah Nur dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Provinsi Sultra.

Dalam kegiatan Talk Show ini juga menghadirkan dua orang yang sukses dalam proses memperoleh Hak Kekayaan Intelektual untuk Produknya yaitu Siti Hajar, Owner dari Produk Sagumi dan Asri Sape, Owner dari Kopi Tolaki.

Pada kesempatan pertama Kasubbid Pelayanan AHU, Lukman M Saada menjelaskan bagaimana cara serta proses memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dimulai pendaftaran Merek serta Perseroan Perorangan. Beliau menjelaskan bagaimana perbandingan resiko dan hasil jika produk dari UMKM didaftarkan Mereknya dan juga jika tidak didaftarkan mereknya. Serta keuntungan dari UMKM yang mendaftarkan Usahanya dalam Perseroan Perorangan.

Kemudian dari Pihak BPOM menjelaskan prosedur pendaftaran untuk mendaftarkan produk yang berupa makanan, minuman maupun obat tradisional dan modern hasil produksi UMKM untuk memperoleh sertifikat BPOM dan lulus uji Laboratorium.

Produk dalam negeri yang memiliki merek terdaftar akan lebih terpercaya kualitasnya serta mampu membangun brandingnya dengan baik, sehingga mampu manarik lebih banyak konsumen. Hal tersebut tentunya merupakan aspek pelindungan Kekayaan Intelektual yang mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Atas kerjasama antara BI dan Kanwil Kemenkumham Sultra sebagai fasilitator dengan bangga memberi apresiasi kepada 6 UMKM binaan BI yang telah mendaftarkan merek produknya. Hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan berbisnis di era digital utamanya dalam memberikan perlindungan hukum bagi usahanya.

Pada akhir kegiatan Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Pemasyarakatan H. Muslim turut hadir dan sekaligus memberikan penghargaan kepada salah satu pemilik UMKM dengan Merek Produk KASITAHU bernama Hasbiah yang memperoleh predikat UMKM Peduli Hukum.

Kemudian Turut Hadir juga Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Hidayat Yasin selaku penanggung jawab kegiatan melakukan monitoring serta pengawasan agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait