PPI Sebut Tiga Nama Caleg Bersaing Ketat di Pileg DPRD Sultra Dapil I

Kendari – Dua hari lagi menuju hari pencoblosan, pertarungan Pileg DPRD Provinsi Sultra Dapil I Kota Kendari tergolong cukup sengit. Pasalnya kursi yang diperebutkan hanya ada enam saja. Sedangkan pertarungan calegnya cukup kompetitif. Baik yang berstatus petahana maupun para penantang.

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia menjelaskan, jika peta pertarungan Pileg Provinsi Dapil Sulta I memang tergolong kompetititif terutama di klaster papan atas.

Ia menambahkan, jika hanya ada tiga saja partai politik yang berada dalam klaster papan atas. Yaitu partai Nasdem, PDI Perjuangan dan Golkar.

“Ya, ketiga Parpol ini cukup ketat. Kekuatan tiga Parpol ini bukan karena faktor Partainya, tapi faktot calegnya,” jelasnya, Senin (12/2).

Menurutnya, di tiga partai tersebut, masing-masing punya bintang. Itulah, kata dia, yang membuat mengapa tiga parpol ini bersaing di klaster papan atas.

“Contoh di partai Nasdem, Bintangnya ada Sitya Giona Nur Alam. Di PDI Perjuangan Bintangnya Hj. Nirna Lachmuddin. Sedangkan Aksan Jaya Putra tampil sebagai bintang partai Golkar,” kata Ras MD.

Kekuatan elektoral tiga bintang ini, tambahnya, bukan hanya tampil kuat di internal partai masing-masing, tapi tampil kuat juga secara eksternal.

Di data Parameter Publik Indonesia terakhir, Sitya Giona Nur Alam, Hj. Nirna Lachmuddin dan Aksan Jaya Putra secara internal, keterpilihannya mencapai angka di atas 50 persen.

Ras menyampaikan, dari 85 caleg provinsi, tiga figur inilah yang menurutnya bertarung secara eksternal.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait