Seorang Karyawan PT Askon di Konut Alami Kecelakaan Kerja Dilarikan ke Rumah Sakit

Konawe Utara – Sebelumnya media ini menerima informasi terkait adanya informasi kecelakaan karyawan PT Askon di Konawe Utara pada Sabtu 10 Februari 2023.

Terkait hal tersebut media ini menghubungi Kapolsek Wiwirano Ipda Enos Kaddang, saat dikonfirmasi Pihaknya membenarkan peristiwa tersebut.

“Informasinya iya di PT askon, korbannya dalam perawatan di Rumah Sakit wanggudu,” katanya saat dihubungi via WhatsApp, Minggu 12 Februari 2023.

Selain itu berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini bahwa akibat insiden kecelakaan karyawan dari PT askon dalam keadaan kondisi kritis, hal ini pihak dari beberapa karyawan menyesalkan dari pihak perusahaan yang memaksakan menggunakan kendaraan yang sudah tua.

Hal tersebut sebagaimana ditutur karyawan yang di mintai keterangan saat pasca di TKP kecelakaan.

Insiden yang terjadi kecelakaan kerja salah satu karyawan dari PT.ASKON mengalami luka-luka yang cukup serius, bahkan informasi dari pihak keluarga kondisi dalam keadaan kritis dan bahkan akan dirujik ke kendari.

Diketahui karyawan korban kecelakaan adalah asal warga Desa Pariama Kec. Langgikima Kab. Konawe Utara, dimana kejadian lama tersebut di kabarkan terjadi pada hari ini Sabtu 11 February 2023 kisaran pukul 08:00 – 09:00 WITA.

Berdasarkan dari keterangan rekan-rekan pekerja bahwa Unit DT yang bernomor lambung 451 yang sedang dalam kondisi bermuatan dari arah PIT site KPI menuju arah Jetty site AKP. Dalam perjalanan tersebut mengalami kecelakaan kerja pada saat menurun yang tidak jauh dari site KDI”, ungkap mereka.

Selanjutnya, Unit Dump Truck tersebut mengalami rem blong dan meluncur menabrak bagian belakang Unit DT lain yang berada didepannya sehingga unit DT 451 yang di bawa oleh pak Arif terbalik sehingga korban terlempar keluar unit DT tersebut.

Kejadian tersebut perlu di tangani serius dan dikembangkan karena ini demi kenyamanan para karyawan, apalgi jam kerja para driver itu sampai pagi jika ada yang lembur.

“Banyak hal-hal yang perlu di perhatikan seperti memasang AC disetiap mobil dan memasang besi safety serta mengontrol kecepatan dalam berkendara, kendaraan yang sehat dan serta jalan yang harus di perbaiki dan memasang rambu-rambu demi keselamatan para driver,” ucap Dewa salah satu karyawan yang juga ketua PUK Serikat Pekerja PT JAM.

Keterangan lain juga dari Narasumber Rahmat kurniawan selaku Sekretaris DPD Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional Konawe utara, ia mengatakan bahwa telah mencatat sebanyak 9x incident dari januari sampai dengan februari 2023.

“Kami dari serikat sangat menyayangkan hal ini, mengingat kita masih dalam memperingati bulan K3 Nasional, Namun seolah-olah tidak ada upaya atau perhatian perusahaan PT ASKON, Kami Butuh peran dewan Pengawasan Ketenagakerjaan. Baik itu Disnaker KONUT, Disnaker PROV SUL-TRA, Kementrian Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Terakhir pihaknya juga mewakili lara karyawan meminta agar keselamatan dan hak hak karyawan benar benar serius di perhatikan agar tidak terjadi lgi insiden insiden berikutnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait