Untuk Pertama Kali, Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Penyumpahan Wali Anak Dibawah Umur

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Balai Harta Peninggalan Makassar menggelar kegiatan Penyumpahan Wali Anak Dibawah Umur atas nama Nurmaya S.P., M.P., binti H. Labambo atas anak bernama Andi Husnul Aulia Marwan yang lahir pada 14 November 2007.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba, didampingi oleh Kepala Divisi Imigrasi, Sjahrir, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin, PLT Kepala Divisi Administrasi, Ahmad Sahrun, serta jajaran Bidang Pelayanan Hukum, serta Kepala Seksi Harta Peninggalan, Andi Malika, Kurator Keperdataan Ahli Muda Wilayah I, Irma Sari yang bertugas sebagai Saksi pada Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sultra.

Kegiatan Penyumpahan Wali anak dibawah umur ini pertama kalinya dilaksanakan di Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari permohonan Ibu Nurmaya S.P., M.P., binti H. Labambo yang telah menghadap kepada Haradiah, S.E., M.H. Kurator Keperdataan Ahli Madya Balai Harta Peninggalan Makassar yang berdasarkan penetapan Pengadilan Agama Kendari telah diangkat menjadi Wali dari Andi Husnul Aulia Marwan pada 1 Februari 2023.

Dalam kegiatan Penyumpahan Wali ini, Ibu Nurmaya menyatakan menerima pengangkatan dirinya menjadi Wali dari Andi Husnul Aulia Marwan yang belum dewasa berdasarkan putusan Pengadilan Kendari, menunaikan perwalian yang dipercayakan kepadanya dengan Tulus dan menyatakan akan bersungguh-sungguh memelihara dan mendidik anak yang belum dewasa dari Almarhum Marwan bin Andi Muh. Yupi serta mewakilinya dalam segala tindakan perdata.

Kakanwil Kemenkumham Sultra yang ditemui setelah kegiatan mengatakan bahwa Anak-anak perlu diberikan perlindungan dan kepastian hukum agar dapat membina masa depannya, “anak anak dan remaja adalah masa depan bangsa, kami sangat concern dan menyambut baik kegiatan ini, apalagi pertama di Sultra, saya harap Wali yang telah dilantik dapat menjalankan perannya sebagai pelindung, pembimbing dan pengayom anak kita Husnul ini” kata Kakanwil.

Kegiatan ini wujud kolaborasi dan sinergitas yang baik dengan BHP Makassar, sebagaimana diketahui BHP Makassar telah menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan Kanwil Kemenkumham Sultra.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait