Persiapkan SDM Untuk Kawasan Industri, PT. IPIP Gelar Pelatihan Operator Alat Berat Bagi Masyarakat Lingkar Tambang

PT. Indonesia Pomalaa Industry Park (IPIP) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja serta Pemerintah Desa Oko-Oko, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan dan sertifikasi khusus untuk mencetak tenaga-tenaga operator alat berat yang bisa dipekerjakan baik di perusahaan IPIP maupun diperusahaan lainnya. Pelatihan bertajuk Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikasi Operator Pesawat Angkat dan Angkut ini dilaksanakan selama 4 hari ini, dimulai pada Jumat (14/7) bertempat di Balai Desa Oko-Oko.

Dalam acara pembukaan, Vice President sekaligus Advisor ESG PT. IPIP, Bob Saril mengatakan bahwa pihaknya mengadakan pembinaan dan sertifikasi pesawat angkat angkut untuk mempersiapkan generasi muda di Desa yang menjadi wilayah kerja Perusahaan untuk memasuki dunia kerja di bidang Industri.

“Kawasan Industri yang kita bangun ini nantinya akan membutuhkan banyak tenaga kerja dengan skill operator alat berat, sehingga pelatihan dan sertifikasi seperti ini sangat perlu dilakukan”, Kata Bob Saril.

Bob Saril yang pernah menjabat sebagai General Manager PT. PLN UIW Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara tahun 2017-2019 ini juga mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan kali ini saja tapi akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik hingga selesai, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Oko-oko yang telah menyediakan fasilitas Balai Desanya sebagai tempat pelatihan”, Tutup Bob Saril.

Kepala Desa Oko-oko, Binsar Gombi menyampaikan apresiasi kepada PT. IPIP yang memberikan pelatihan ini secara gratis kepada calon-calon Operator dari 3 (tiga) Desa yang berada dalam wilayah kerja perusahaan. “Pemerintah Desa Oko-oko menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap agar masyarakat dapat memberikan dukungan penuh kepada PT. IPIP agar bisa segera beroperasi dengan lancar”, ucap Kepala Desa yang juga didaulat untuk membuka kegiatan pelatihan secara resmi.

Binsar menambahkan bahwa Pelatihan kali ini bagi para calon Operator Alat berat dilaksanakan selama empat hari lamanya, dan itu murni pembiayaannya dari PT. IPIP, Pemerintah Desa hanya menyiapkan calon peserta dan menyediakan tempat saja.

Sementara itu, Surveor CSR PT. IPIP, Abdul Ghalib mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu program pemberdayaan masyarakat PT. IPIP dan juga untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat Desa Oko Oko, Sopura dan Lamedai tentang pembinaan pesawat angkat angkut serta mengantisipasi SIO tembak yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait