Bersama FKLPID Sultra, BPVP Kendari Komitmen Atasi Masalah Ketenagakerjaan

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari bersama Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri Daerah (FKLPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hal itu, sesuai hasil pertemuan antara Pengurus FKLPID Sultra yang dipimpin Ketua FKLPID Ahmat, SE.,MM dengan Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu pada kunjungan kerja mereka di BPVP Kendari, Rabu (7/6/2023).

Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Kamis (8/6/2023) menuturkan, pertemuan bersama FKLPID Sultra, untuk mempertegas kembali komitmen bersama dalam membantu Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sultra dalam rangka mengatasi masalah ketenagakerjaan dan meningkatkan daya saing tenaga kerja serta menurunkan angka pengangguran di daerah ini.

“Melalui pelatihan berbasis kompetensi kami akan ciptakan tenaga-tenaga kerja yang kompeten, handal dan berdaya saing untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja yang ada di Sultra bahkan luar Sultra melalui dukungan FKLPID Sultra,” terangnya.

Ia menjelaskan, FKLPID merupakan lembaga yang berfungsi sebagai jembatan atau wadah komunikasi antara Lembaga Pelatihan Kerja, khususnya Balai Latihan Kerja (BLK) yang kini berganti menjadi BPVP dengan Industri melalui pertimbangan potensi ekonomi daerah, perkembangan dunia usaha dan teknologi, serta kebijakan-kebijakan pembangunan daerah khususnya bidang pembangunan ketenagakerjaan.

“Berdasarkan fungsi tersebut, kami optimis mampu membantu pemerintah daerah untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, apalagi posisi kita yang cukup baik dalam berkolaborasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan tenaga kerja handal serta meningkatkan daya serapan tenaga kerja,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, FKLPID Sultra juga memiliki peran untuk mendukung BPVP Kendari dalam mengintegrasikan kegiatan pelatihan, melalui fungsi link and match agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, serta tersedianya informasi lowongan kerja dari industri kepada para pencari kerja, khususnya alumni pelatihan BPVP Kendari atau alumni BLK binaan BPVP Kendari yang ada di Sultra.

“Manfaat yang diperoleh bagi industri adalah ketersediaan tenaga kerja yang kompeten sesuai standar dunia usaha dan industri. Mereka tidak perlu lagi melakukan tes keterampilan bagi para calon tenaga kerjanya karena sudah kami latih dengan baik,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada kunjungan kerja Tim FKLPID Sultra di BPVP Kendari, Rabu (7/6/2023), Tim FKLPID Sultra mengunjungi semua workshop pelatihan sekaligus melakukan audiens dengan instruktur dan siswa, bahkan menikmati hidangan kopi racikan siswa program pelatihan Barista sebelum melakukan rapat bersama Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu di ruang kerja Kepala BPVP Kendari.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker