La Ode Darwin Ungguli Survei di Pilkada Muna Barat

KENDARIKINI.COM – Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru mengenai elekatbilitas atau tingkat keterpilihan bakal calon Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra). Hasilnya, La Ode Darwin jauh mengungguli kandidat lain.

Dalam survei yang dilaksanakan pada 1-6 Mei 2024, Poltracking memotret elektabilitas kandidat di Pilkada Muna Barat dengan beberapa simulasi.

Dalam simulasi 10 nama Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin memperoleh elektabilitas 67,9%. Diikuti La Ode Muhammad Amsar 15,5%, Bahri (eks Penjabat Bupati Mubar) 3,8%, La Ode Butolo (Penjabat Bupati Mubar) 1,5%, Ihsan Taufik Ridwan 1,5%, La Ode Rafiudin 0,8%, Achmad Lamani (eks wakil bupati dan eks Plt Bupati Mubar) 0,8%, Supu Alimin 0,5%, La Ode Andi Muna 0,3%, Al Munardin 0,0%, dan 7,4% tidak tahu atau tidak menjawab.
Pada simulasi surat suara, La Ode Darwin memperoleh angka elektabilitas 78,9%. Disusul La Ode Muhammad Amsar 16,0%, dan La Ode Butolo 2,5%, Achmad Lamani 1,3%, Supu Alimin 0,8%, dan tidak tahu atau tidak menjawab 0,5%.

Dalam simulasi empat nama calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin memperoleh angka elektabilitas 79,1%, diikuti La Ode Muhammad Amsar 16,3%, La Ode Butolo 2,5%, dan Achmad Lamani 1,3%, tidak tahu atau tidak menjawab 0,8%.

Sementara, pada simulasi pertanyaan terbuka, lagi-lagi La Ode Darwin menjadi yang paling terekam dalam ingatan publik dengan elektabilitas 63,3%. Diikuti La Ode Muhammad Amsar 13,7%, Bahri 2,8%, La Ode Butolo 1,5%, Ihsan Taufik Ridwan 0,8%, Supu Alimin 0,5%.

Kemudian, La Ode Rafiudin dan Achmad Lamani yang memperoleh masing-masing 0,5%. Disusul La Ode Murwan dan La Ode Andi Muna dengan masing-masing 0,3%, lainnya 1,3%, dan tidak tahu atau tidak jawab 14,1%. Yang menarik dalam simulasi ini, nama Ridwan Bae juga muncul dengan angka 0,5%.

Dalam simulasi semi terbuka, La Ode Darwin tetap unggul telak dibanding kandidat lain dengan angka elektabilitas 68,4%. Disusul La Ocde Muhammad Amsar 15,6%, Bahri 3,6%, La Ode Butolo 1,5%, Ihsan Taufik Ridwan 1,5%, La Ode Rafiudin 0,8%, Achmad Lamani 0,8%, Supu Alimin 0,5%.

Lalu, ada nama Muhammad Fajar Hasan dan La Ode Andi Muna dengan masing-masing 0,3%. Selanjutnya, Wa Ode Saryna, Made Wastawa, La Ode Sagala, La Ode Diada Nebansi, La kudja, Jamuddin, dan Almunardin yang memperoleh masing-masing 0,0%, serta tidat tahu atau tidak menjawab 6,7%.

Menanggapi hal itu, Darwin mengaku, kepercayaan masyarakat Muna Barat menjadi faktor utama melambungnya elektabilitas dirinya. Meski hasil survei unggul telak dibanding calon lain, Darwin menegaskan, akan terus turun ke lapangan untuk bertemu masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan dari masyarakat Muna Barat. Saya akan terus konsolidasi sampai hari H,” katanya.

Selain itu, sambung Darwin, elektabilitas ini buah dari kerja keras dirinya bersama tim yang telah melakukan sosialisasi dan konsolidasi di lapangan yang sudah berjalan selama 16 bulan .

“Hasil survei ini menjadi vitamin baru dan akan menambah semangat kami untuk terus bergerak di lapangan. Karena memang niat saya kembali ke Muna Barat untuk membangun daerah tercinta menjadi lebih baik ke depan,” tuntas pria yang beken disapa DW ini.*

Berita Terkait