Gubernur dan Kadis Dikbud Sultra Sebut Peran Kepala Sekolah sebagai Tulang Punggung Pendidikan

Kendari – Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program dan Anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023 yang mengangkat tema “Make Change Make History” yang dirangkaikan dengan kegiatan asesmen Kepala Sekolah SMA, SMK, dan SLB se Sultra yang dilaksanakan di salah satu Hotel Kendari selama Jum’at 17 Februari 2023 hingga Sabtu 18 Februari 2023.

Gubernur Sultra Ali Mazi, SH saat membawakan sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut, ia menyampaikan ke Kepala Sekolah untuk lebih hati-hati dalam menindak Siswa yang nakal.

“Kepala Sekolah mesti lebih berhati-hati untuk menindak Siswa yang nakal, karena mereka ini kan banyak akal makanya mereka nakal, dan hal ini tinggal diarahkan ke hal yang positif, karena banyak anak yang pintar tapi rata-rata yang berhasil itu yang nakal dan tugas seorang pendidik untuk mengarahkan ke hal-hal yang positif,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap agar Kepala Sekolah mempunyai inovatif dalam melakukan tugasnya sebagai Pendidik.

“Kepala Sekolah mesti inovatif dalam melakukan tugasnya sebagai Pendidik,dan untuk Kepala Dinas bisa memberikan penilaian tiap bulan untuk Kepala Sekolah yang menjalankan tugasnya dengan baik bisa di rolling ke sekolah lain lagi,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyarankan agar Kepala Sekolah kedepannya untuk melakukan studi banding untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

“Guru-guru kita mesti kualitas yang baik kalau Jawa bisa, kita juga di Sultra mesti bisa,”tandasnya

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Yusmin, S. Pd, MH. dalam sambutannya mengatakan bahwa tulang punggung pendidikan di Sultra itu berada di sekolah-sekolah.

“Tulang punggung pendidikan di Sultra berada di Kepala Sekolah (Kasek), KCD, dan Pengawas, kita di Dinas ini sifatnya hanya manajerial,” katanya.

Dan untuk itu pihaknya berharap kepada Kasek, KCD dan Pengawas untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Saat ini ada temuan adanya raport merah dan untuk itu kita lakukan asesmen kepada Kepala Sekolah, KCD dan Pengawas agar kedepannya bisa diperbaiki,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa Tim Assesment tersebut dibentuk secara independen.

“Kepala Sekolah, KCD dan Pengawas tak perlu takut diganti selama menjalankan tugas dengan baik, karena kalian adalah tulang punggung dalam melaksanakan proses belajar mengajar di Sekolah, dan tim Assesment yang dibentuk ini independen,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Drs Asrun Lio, M. Hum, PhD, Wakil Bupati Wakatobi SE, M.Si.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker