KBST Menjaring Peresensi Muda melalui Krida Literasi Kebahasaan dan Kesastraan

Kendari – Krida Literasi Kebahasaan dan Kesastraan: Pembinaan dan Seleksi Resensi dan Bedah Buku dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan pada 10-13 dan 15 Mei di tiga tempat, yaitu SMAN 9 Kendari, SMKN 4 Kendari, dan MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan ini diikuti oleh 150 siswa X-XI yang berasal dari SMAN 9 Kendari, SMAN 1 Kendari, SMKN 4 Kendari, SMAN 8 Kendari, SMAN 2 Kendari, dan MAN Insan Cendekia Kota Kendari.

Dalam kegiatan ini, akan dipilih 15-di setiap tempat kegiatan dipilih 5 siswa-penulis resensi terbaik yang akan diberikan pelatihan lanjutan. Kemudian, hasil tulisan kelima belas siswa tersebut dibukukan dalam sebuah antologi resensi.

Tempat : SMAN 9 Kendari

Kegiatan di SMAN 9 Kendari diikuti oleh siswa kelas X dan XI dari SMAN 9 Kendari dan SMAN 1 Kendari sebanyak 50 siswa pada tanggal 10-13 Mei 2023.

Kepala SMAN 9 Kendari, Ishak, menyampaikan apresiasi kepada Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, “Atas nama lembaga, saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas diadakannya kegiatan ini. Apalagi saat ini teknologi dan informasi telah berkembang pesat, tetapi tidak diikuti oleh kemampuan literasi yang ikut berkembang pesat juga. Semoga kegiatan ini dapat membangun literasi, budaya menulis, seluruh warga pendidikan.” la berharap peserta, baik dari SMAN 9 Kendari maupun dari SMAN 1 Kendari, dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal serta tidak menyia-nyakan limu yang telah diberikan oleh narasumber selama kegiatan berlangsung

Dalam kegiatan ini, Untung Kustoro dari KBST menyampaiakan tetnang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedangkan Amaya Kim, pegiat literasi sekaligus pengurus aktif klub membaca buku, menyampaikan tentang teori dan praktik penulisan resensi.

Tempat II: SMKN 4 Kendari Kegiatan krida literasi di SMKN 4 Kendari dikuti oleh 50 siswa yang berasal dari tiga sekolah yaitu, SMKN 4 Kendari, SMAN 8 Kendari, dan SMAN 2 Kendari. Kegiatan krida ini dilaksanakan pada 10-13 Mei 2023.

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMKN 4 Kendari, Sur Rasyid, menyampaikan, “Literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, literasi juga merupakan kemapuan memahami dan mengolah informasi. Literasi sedang digalakkan oleh pemerintah pusat dan daerah saat ini. Pada kenyataannya kemampuan literasi kita masih sangat kurang. Oleh karena itu, anak-anakku yang mengikuti kegiatan ini, saya harap kalian dapat mengikuti dengan baik sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua”. Peserta kegiatan diberi materi oleh Sukmawati, analis kata KBST, dan I Subandrio, S.S., M.A.. dosen Sastra Francis Universitas Halu Oleo.

Tempat III: SMKN 4 Kendari

Kegiatan Krida Literasi Kebahasaan dan Kesastraan: Pembinaan dan Seleksi Resensi dan Bedah Buku di MAN Insan Cendekia (IC) Kota Kendari oleh KBST pada 10-12 dan 15 Mei 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa kelas X dan XI.

Pada saat pembukaan, Kepala MAN IC, Muhammad Naim, berharap peserta dapat menimba ilmu dari narasumber sehingga bukan hanya teori saja yang didapat, tetapi juga dapat mempraktikkannya. Narasumber kegiatan ini, yaitu Cahyo W.P. Antomo, staf KBST, dan Syaifuddin, pegiat literasi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker