Masyarakat Kendari Wajib Tahu, Ini 5 Alasan Memilih AJP sebagai Wali Kota

Kendari – Aksan Jaya Putra (AJP) legislator muda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2019-2024 kian populer. Betapa tidak, selain baliho yang bertebaran di setiap sudut kota Kendari, salah satunya ia juga aktif melakukan kegiatan sosial di berbagai kesempatan khususnya dengan memberikan dukungan pembangunan rumah ibadah seperti masjid dan bantuan ke berbagai panti asuhan.

Pada bulan Ramadhan 1444 H saja yang baru saja kita lalui tahun ini tercatat beberapa kegiatan sosial AJP seperti kegiatan berbagi kepada masyarakat di berbagai lokasi bersama rekan-rekannya sesama alumni SMANSA 97 Kendari, bersama Srikandi AJP menyantuni anak yatim di Panti Asuhan Nurul Hidayah di Abeli, bantuan ke santri Pondok Pesantren Daarul U’lum, bantuan percepatan pembangunan Masjid Husnul Khotimah SMANSA Kendari dan banyak lagi yang lainnya.

Seorang ‘kawan’ bercerita kepada penulis bagaimana ia kemudian bersimpati dan mendukung penuh AJP maju sebagai Walikota Kendari 2024 adalah karena sikap kepribadian Ketua Fraksi Golkar itu. Penulis bertanya lebih rinci sikap apa dari AJP yang membuatnya mengambil keputusan itu?

“Saya sebelumnya bekerja di Media. Sebagai orang media, tentu banyak tokoh dan pejabat yang kita kenal.” Kata kawan itu mulai bercerita.

Kemudian ia melanjutkan, “Setelah resign bekerja di Media, sebagian besar mereka yang dulunya akrab dan selalu menerima dengan senang hati jika dikunjungi minimal membalas ketika dihubungi melalui WA, mendadak berubah total.” tuturnya.

“Lantas bagaimana dengan AJP?” tanya penulis.

“Nah, disitulah pointnya. AJP tetap akrab dan selalu respon, ia tidak memandang latarbelakang seseorang. Bahkan, ketika menghadapi masalah keuangan untuk kebutuhan sekolah anak-anak, tanpa pikir panjang AJP langsung membantu menyelesaikannya. Ini kan sikap kepribadian luar biasa seorang AJP mengingat saya ini bukan siapa-siapa tidak punya posisi tawar apapun.” jelas kawan itu dengan mata berkaca-kaca.

Dari berbagai fakta dan kisah kawan tersebut di atas, tidaklah berlebihan jika penulis menyatakan bahwa ada lima alasan kenapa memilih Aksan Jaya Putra (AJP) sebagai calon Walikota Kendari 2024, yaitu :

1. Memiliki Sifat Empati

AJP memiliki sifat melayani dan tidak suka menghakimi. Ia akan menghormati tantangan dan keadaan yang dialami orang-orang sekitarnya.

Ia akan menemukan cara yang bisa digunakan untuk membantu orang lain menghadapi rintangan dengan menggunakan saluran yang ada bahkan secara pribadi.

Pemimpin seperti ini akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, karena merasa menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri.

2. Rendah Hati

Sikap rendah hati ditunjukkan AJP dengan membaur bersama warga ketika menghadiri beberapa undangan buka puasa di rumah-rumah warga. Pada kesempatan itu AJP selalu memberikan semangat kepada warga untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Kepemimpinan yang memiliki sifat rendah hati mampu menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Pemimpin yang rendah hati berfokus pada hasil yang akan didapatkan semua masyarakat dan berani mengambil resiko untuk tujuan itu.

3. Fokus Pada Tujuan

Dengan tagline “Kendari Bisa” yang jauh hari telah disiapkan; yaitu menjadikan Kendari Berdaya saing, Invovatif, Sejahtera dan Aman artinya AJP mempunyai arah dan fokus pada tujuan itu.

Pemimpin harus selalu fokus dengan tujuan yang dimiliki dan terus melakukan tugas-tugas yang berguna agar tujuan tersebut dapat tercapai.

Dan yang lebih penting, AJP selalu mengingatkan kepada para tim pemenanganya agar tidak ‘menyerang’ pihak lain dalam berkompetisi. Fokus pada tujuan yang akan dicapai dan bersaing secara fair dan sehat.

4. Orientasi Jelas dan Rinci

Dalam berbagai kesempatan diskusi dan tulisan-tulisannya, AJP telah memaparkan secara rinci tentang apa dan bagaimana harus berbuat untuk kemajuan kota Kendari. Ia memiliki konsep jelas dan kemampuan untuk merealisasikan konsep itu.

Seorang pemimpin harus bisa memahami apa saja yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan dan tugas apa saja yang perlu dilakukan.

Tidak hanya mengetahui tugas yang perlu dilakukan, ia juga perlu mengetahui setiap orang yang mampu menangani tugas dengan baik.

5. SIkap Disiplin Diri

Sebagai seorang pengusaha yang terbilang sukses dalam bisnis, tentu saja harus didukung oleh sikap disiplin diri sebagai modal utama.

Disiplin diri diartikan sebagai sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang pemimpin untuk melakukan tugas dan pekerjaan.

Sikap disiplin diri ini tercermin dari cara pemimpin mengambil keputusan, mengatasi setiap masalah yang terjadi, dan mendelegasikan setiap pekerjaan kepada bawahan.

Pada akhirnya penulis menyatakan tidaklah berlebihan jika dikatakan paling tidak ada lima alasan kenapa Aksan Jaya Putra (AJP) layak dipilih menjadi Walikota Kendari 2024. Masyarakat Kendari yang hetereogen tentu memahami dan cerdas memilih calon pemimpinnya di masa mendatang untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Kendari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait