Hadapi Pemilu 2024, KPU Kota Kendari Gelar FGD Manajemen Resiko

Kendari – KPU Kota Kendari bekerjasama dengan BPKP Sultra menggelar Focus Discussion Group (FGD) tentang manajemen resiko Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilu Tahun 2024, berlangsung di Aula KPU Kota Kendari, Selasa 21 Februari 2023.

FGD menghadirkan narasumber dan fasilitator dari BPKP Sultra yang dipimpin Rifathy Sadzly. FGD diikuti komisioner, Sekretaris, Kasubag dan staf lingkup KPU Kota Kendari.

FGD membahas beberapa point penting mengenai manajemen resiko, diantaranya melalukan identifikasi jenis-jenis resiko setiap tahapan Pemilu, melalukan analisis dampak terhadap resiko yang dihadapi, dan menganalisis mitigasi atau tindaklanjut terhadap resiko dalam pelaksaaan tahapan.

Rifathy menjelaskan, kegiagan ini sebagai bagian dari fungsi BPKP untuk melakukan pendampingan kepada KPU Kota Kendari untuk menyusun manajemen resiko di lingkungan KPU Kota Kendari.

Contohnya potensi risiko yang akan terjadi dalam organisasi pemerintah seperti risiko terjadi korupsi/kecurangan yang mengakibatkan adanya kerugian keuangan negara, penurunan pendapatan pajak, kegagalan pelaksanaan.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi jajaran KPU Kota Kendari dalam menjalankan tupoksinya sebagai penyelenggara Pemilu.

Dengan kegiatan, ini jajaran KPU Kota Kendari dapat mengidentifikasi resiko-resiko apa saja yang akan muncul pada setiap tahapan Pemilu, terlebih lagi terkait dengan pengelolaan anggaran Pemilu/Pemilihan.

Setelah melalukan identifikasi maka dapat pula mengetahui dampak pada setiap resiko, sehingga kemudian dapat melahirkan mitigasi atau langkah-langkah tindak lanjut dalam menghadapi resiko yang muncul.

Untuk diketahui kegiatan FGD manajemen resiko ini untuk pertama kali dilakukan di KPU Kota Kendari.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait