Penerimaan Anggota Polri 2023, Polda Sultra Sosialisasi ke Masyarakat Pesisir Soropia

Kendari – Biro SDM Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra), mengunjungi masyarakat pesisir yang berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sabtu 15 April 2023.

Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Kepala Biro (Karo) SDM Polda Sultra, Kombes Pol. Danang Beny K, S.I.K.

Danang mengatakan, kunjungannya ke masyarakat pesisir di Soropia dalam rangka sosialisasi penerimaan anggota Polri 2023.

“Kami menemui para anak-anak nelayan yang sudah lulus sekolah SMA, memberikan motivasi agar mau ikut mendaftar Polisi pada penerimaan Polri tahun ini,” ujarnya.

Menurut Danang, terkhusus untuk anak-anak pesisir memiliki peluang besar karena adanya kuota yang diperhitungkan pada penerimaan Polri tahun ini.

“Wilayah Sultra ini kan daerah Perairan, jadi mereka sangat cocok untuk bergabung di Polair. Karena bisa berenang dan menyelam. Kita cuman memotivasi mereka agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik,” tambahnya.

Periwira berpangkat tiga bunga melati itu menerangkan, saat ini Polda Sultra prioritas memotivasi anak Desa yang berada di pesisir, kepulauan dan pedalaman.

Hal itu dilakukan, sebab sebagian besar anak-anak dari wilayah yang dipelosok dianggap masih kurang percaya diri dan tidak termotivasi karena faktor persaingan di perkotaan.

“Olehnya itu, ada beberapa anak-anak pesisir yang ada di Soropia kami dengar mau mendaftar, langsung kita temui untuk memberikan semangat dan motivasi kepada mereka. Harapannya, ada salah satunya yang lulus dalam penerimaan Polri tahun ini,” terangnya.

Lanjut Danang, kuota penerimaan anggota Polri khusus untuk Polda Sultra tahun ini tergolong besar jumlahnya, hingga 300.

Olehnya itu, ia sangat berharap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk ikut berpartisipasi masuk mendaftar jadi anggota Polri.

“Untuk tahun ini yang dibuka ada Tantama, Bintara dan AKPOL. Waktu pendaftaran sebenarnya sudah ditutup hari ini, namun diberi kesempatan, sehingga batas pendaftaran dibuka sampai pada Senin, 17 April 2023,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Dalpers Biro SDM, Polda Sultra, AKBP Saminata, menambahkan tercatat sudah ada 18 anak-anak dari pesisir Soropia yang ikut mendaftar pada penerimaan Polri di Polda Sultra.

Saat ini, belasan calon peserta tersebut telah diberikan pembinaan dan pelatihan secara swadaya oleh Biro SDM Polda Sultra.

“Sebagai bentuk dukungan kami kepada anak-anak Pesisir, mereka yang dari Soropia kita berikan pelatihan dan bimbingan belajar yang dilakukan secara swadaya oleh Biro SDM Polda Sultra,” kata AKBP Saminata.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker